Markas PMI Kabupaten Blora

Markas PMI Kabupaten Blora

Aksi Penyelamatan Pohon

Selasa, 06 Mei 2014

Blora - Libur panjang akhir pekan tidak lantas membuat semuanya larut dalam kegiatan hiburan dan wisata. Seperti yang dilakukan komunitas pecinta alam di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Minggu (20/4/2014) pagi kemarin, mereka dengan semangat mulai pukul 09.00 WIB sampai tengah hari sibuk bergotong royong membersihkan paku dan spanduk liar yang menempel di pohon peneduh jalan.
Aksi tersebut dilakukan tersebar dari kawasan Tugu Ketapang ke barat hingga Taman Seribu Lampu Cepu. Semua paku dan spanduk ataupun banner liar yang terpasang di pohon dicopot puluhan aktifis pemerhati lingkungan Cepu.
Kegiatan tersebut dilakukan untuk menyambut peringatan Hari Bumi Sedunia (Earth Day) yang akan jatuh pada 22 April 2014 besok. Dengan mengambil tema "Selamatkan Pohon" mereka bermaksud memberikan contoh bentuk pemahaman kepada masyrakat betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.



Dalam kegiatan tersebut juga diikuti relawan dari Satgana PMI Cepu dan KSR Bikers yang didukung oleh Satpol PP Kecamatan Cepu, Pramuka Kwartir Ranting Cepu dan Pramuka SP2M Cepu, Paguyuban Malem Jemuah Pahing, Komunitas Cepu Sumpek, Komunitas Republik Tweeter Cepu dan Tokoh Masyarakat Pemerhati lingkungan lainnya.
Ratusan paku yang menempel pada pohon berhasil dicabut yang umumnya berasal dari bekas baliho atau alat peraga para tokoh politik calon legislatif dan juga spanduk-spanduk iklan promosi. Semua hasil aksi tersebut kemudian diserahkan kepada Kepala Satpol PP Kecamatan Cepu yang pada saat kegiatan beliau juga ikut terjun langsung di lokasi.

Anton Moedji Komandan Satgana PMI Cepu mengemukakan, semoga orang yang memasang spanduk, dan pernah memaku pohon tidak melakukan itu lagi. "Aksi ini sebagai contoh bahwa pohon tidak layak dipaku karena disamping akan menjadikan pemandangan yang tidak sedap dipandang mata, lambat laun pohon tersebut pada akhirnya akan mati," ungkap Anton

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kritik dan Saran anda.

 

Facebook PMI Blora

Daftar Tamu