Markas PMI Kabupaten Blora

Markas PMI Kabupaten Blora

Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 69 dengan Donor Darah

Senin, 25 Agustus 2014

BLORA - Puluhan pelajar yang ada di Blora ikut menyumbangkan darah mereka saat kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah yang dilaksanakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Blora dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-69 di Aula KONI Blora, kemarin.
Selain para pelajar, sumbang darah itu juga diikuti oleh sejumlah anggota TNI/Polri, PNS serta masyarakat. Sehingga terkumpul cukup banyak kantong darah yang selanjutnya sebagai persediaan di Unit Donor Darah (UDD) Blora.
Tito Tataq Prakoso salah seorang pelajar yang ikut sumbang darah mengatakan bahwa, sumbang darah itu adalah yang pertama kali buatnya, awalnya ada rasa takut karena belum pernah. Namun setelah diambil darahnya dia merasa senang dan bangga sebab bisa menyumbangkan darahnya bagi orang lain yang membutuhkan.
"Rasanya puas dan menyenangkan, setelah ini akan selalu rutin donor darah, ada rasa bangga," ujar siswa SMA 1 Blora ini.
Tito datang bersama beberapa temannya yang juga baru pertama kali merasakan darahnya diambil. Yang jelas mereka merasa senang dan bangga akan aksi yang dilakukannya. 





Ketua PMI Blora Umi Kulsum melalui Sekretaris Kuswanto mengatakan bahwa kegiatan donor darah selalu dilakukan oleh PMI, hal itu agar selalu tersedianya darah di UDD Blora, sehingga masyarakat yang membutuhkan darah tidak kesulitan untuk memperolehnya.
Menurutnya, dengan semakin banyaknya masyarakat yang menyumbang darah tentunya akan semakin baik.  Bahkan PMI sangat menyambut baik bila disetiap kegiatan selalu ada donor darah. Sebab hal itu bisa menjadi sarana masyarakat tergerak dan mau berdonor darah.  "Mari kita semua menjadi pendonor darah aktif, dan tidak usah takut untuk selalu mendonorkan darah, baik melalui kegiatan donor darah ataupun datang langsung ke Unit Donor darah yang ada," jelasnya.
Sementara itu Kepala UDD PMI Blora dr. Oktantia Dyah Rahmawati mengungkapkan bahwa kebutuhan darah di UDD Blora dalam satu bulan cukup tinggi, sehingga kegiatan donor darah sangat penting agar kebutuhan tetap terpenuhi. "Dalam satu bulan membutuhkan sekitar 400 kantong darah," jelasnya.
Dan untuk satu bulan kedepan, kebutuhan darah masih aman dan sehingga tidak perlu khawatir. Dari persediaan itu lanjutnya yang paling banyak adalah stok darah golongan O, sedangkan yang paling sedikit golongan AB. "Untuk persediaan satu bulan kedepan masih aman," tandasnya. (Sugie & Humas PMI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kritik dan Saran anda.

 

Facebook PMI Blora

Daftar Tamu