Markas PMI Kabupaten Blora

Markas PMI Kabupaten Blora

PMI dan PM Amerika Kembangkan Ketangguhan Masyarakat Pesisir

Kamis, 07 Maret 2013

Diposting oleh : Humas PMI Jateng
Palang Merah Indonesia (PMI) bekerjasama dengan Palang Merah Amerika (ARC) dan United States Agency of International Development (USAID) mengembangkan program Ketangguhan Masyarakat Pesisir dan Pengurangan Risiko Bencana  di Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah.
H Thobari HR, Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Jawa Tengah, saat sosialisasi program PERTAMA (Pengurangan Risiko Bencana Terpadu Berbasis Masyarakat) di Pusdiklat PMI Jateng Semarang (7/3), mengatakan, ”Cilacap merupakan kawasan pesisir yang rawan bencana.” Program ini membutuhkan kerjasama dan dukungan dari dinas-dinas pemerintah seperti BPBD, Bappeda, BMKG, BLH, Diknas, Dinsos, dan lainnya, agar dapat mengurangi kerentanan terhadap ancaman yang ada diwilayah pesisir melalui berbagai kegiatan seperti pelatihan, sosialisasi, dan penghijauan, imbuhnya didepan perwakilan dinas-dinas pemerintah provinsi.
Sasaran program ini adalah masyarakat paling rentan di daerah rawan bencana dan kesehatan. “Indeks bencana nasional untuk provinsi, Jawa Tengah ada di peringkat 1. Indeks bencana daerah kabupaten/kota, Cilacap nomor 3,” ungkap Maduseno Widyoworo, Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Jawa Tengah. Dukungan pihak donor ini akan maningkatkan kemampuan PMI dan masyarakat dalam hal kesiapsiagaan dan pengurangan risiko bencana, terangnya.
“Pelaksanaan program ini di 3 desa/kelurahan dan 3 sekolah, yang berada di pesisir laut,” kata Ali Masyhar, Korlap Program PERTAMA Jateng. Yaitu Kelurahan Tegal Kamulyan, Kelurahan Cilacap (Kecamatan Cilacap Selatan) dan Desa Karang Benda (kecamatan Adipala). Untuk sekolah yaitu SMPN 2 Adipala, MA Ihya Ulumuddin dan SMK Budi Utomo Cilacap. Program ini rencana akan dilaksanakan hingga bulan September 2014, jelas Ali.
M. Syafardi, staf Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah mengatakan, “Program ini akan bermanfaat bagi masyarakat untuk lebih siap siaga.” Pihaknya juga menginformasikan bahwa saat ini tengah mengembangkan PHBM (Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat). Sejalan dengan itu, ibu Diah, staf Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah memberikan masukan agar pelaksanaan program bisa bekerjasama dengan dinasnya di tingkat kabupaten. “Program PMI ini dapat bersinergi dengan dinas kami dalam penguatan kapasitas masyarakat pesisir. Kami juga mengembangkan program pesisir panggung sebagai langkah mitigasi,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kritik dan Saran anda.

 

Facebook PMI Blora

Daftar Tamu