Markas PMI Kabupaten Blora

Markas PMI Kabupaten Blora

Kehumasan menjadi bagian kekuatan PMI

Kamis, 07 Maret 2013

Diposting oleh : Humas PMI Jateng,
Sebagai sebuah sistim dalam institusi, penguatan bidang kehumasan harus terus jalan. “Kehumasan bisa menjadi bagian dari kekuatan PMI ditingkat kota dan kabupaten,” tutur H Sasongko Tedjo, SE,MM, Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah saat membuka Rakor dan Lokakarya Kehumasan PMI Kabupaten-Kota Se Jawa Tengah di Pusdiklat PMI Jateng, Sambiroto, Semarang, selasa 5 Maret 2013.
Kegiatan kehumasan dapat menjadi sarana pertanggungjawaban PMI terhadap masyarakat, seperti penggunaan bulan dana yang rutin diselenggarakan PMI. Pengakuan masyarakat terhadap PMI sebagai lembaga kemanusiaan besar menjadi modal utama dan tantangan besar bagi PMI untuk mempertahankan citra positif. Tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi akan memudahkan PMI dalam menggalang bantuan.
Kegiatan yang diikuti 70 orang staf dan relawan PMI Se Jateng ini diharapkan dapat menguatkan peran dan fungsi kehumasan di PMI kabupaten-kota agar dapat meningkatkan citra positif PMI di masyarakat.
Sasongko juga menghimbau agar PMI Kabupaten-Kota dapat memiliki kepengurusan dari unsur wartawan, untuk memudahkan PMI mengakses media. “Kegiatan PMI perlu dipamerkan, agar masyarakat semakin kenal dan tahu PMI memiliki banyak kegiatan dan Humas harus mengawal untuk mendokumentasikan,” imbuhnya.
Prof. DR. Adji Samekto, SH, M.Hum, Ketua Bidang Citra PMI Jateng mengemukakan,“Saat ini masih ada beberapa PMI kabupaten-kota yang belum maksimal dalam pengembangan dan penguatan kehumasan, sehingga melalui rakor ini dapat mencapai kesepakatan bersama di bidang kehumasan.”
Rekomendasi yang dihasilkan adalah :
1.    Akan  dirumuskan pedoman kehumasan oleh PMI Provinsi Jawa Tengah berdasarkan hasil Lokakarya Kehumasan 5 Maret 2013.
2.    Ada kesadaran bahwa hakekat kehumasan adalah pencari fakta.
3.    Peran utama kehumasan adalah menyelamatkan citra PMI setempat.
4.    Harus disusun Struktur  bidang humas yang jelas di PMI Kabupaten/Kota.
5.    Harus ditegaskan hubungan struktural antara Pengurus-Staf dan atau Relawan yang bergerak di bidang kehumasan.
6.    Harus dibangun kultur kehumasan pada pengurus, dan staf PMI di segala tingkatan,mengingat pentingnya peran kehumasan.
7.    Akan dilakukan evaluasi pasca Rakor dan Lokakarya tentang peran kehumasan di Kabupaten / Kota masing-masing.
8.    Akan diperbaiki sistem atau mekanisme akses website dan  Majalah Warta.
9.    PMI Kabupaten/ Kota se Jawa Tengah perlu memiliki situs atau blog untuk mengukur keaktifan bidang humas dan citra.
10. Petugas Kehumasan PMI Kabupaten /Kota akan membangun relasi dengan media lainnya.
Tahun ini PMI Provinsi Jawa Tengah akan melakukan monitoring dan evaluasi kehumasan di Jawa Tengah. “Humas PMI kabupaten-kota di Jateng hendaknya melakukan jejaring dengan media setempat, baik cetak maupun elektronik,” pungkas Prof Adji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kritik dan Saran anda.

 

Facebook PMI Blora

Daftar Tamu