Markas PMI Kabupaten Blora

Markas PMI Kabupaten Blora

Satgana Cepu Bantu Evakuasi Angin Putting Beliung di Cepu

Senin, 17 November 2014



TUMBANG : Beberapa anggota satgana PMI Kecamatan Cepu sedang mengevakuasi pohon yang tumbang akibat angin lesus yang menerjang kecamatan cepu, kemarin.




BLORA - Memasuki musim penghujan, sejumlah wilayah perlu mewaspadai potensi bahaya angin puting beliung, sebab di Blora rawan akan angin putinh beliung dan merata di semua kecamatan. Bahkan, kamis (6/11)di Kelurahan Tambakromo dan Cepu dan Kelurahan Randublatung Kecamatan Randublatung terjadi angin lesus yang menumbangkan sejumlah pohon dan beberapa rumah mengalami kerusakan ringan seperti genteng yang berterbangan, saat hujan mulai turun.
Anggota Satuan Tanggap Bencana (Satgana) PMI Cepu Agung Tri mengatakan bahwa, angin lesus terjadi sekitar pukul 17:00 yang bersamaan dengan hujan, beberapa pohon yang berada di tepi jalan roboh sehingga mengakibatkan lalu lintas sedikit teganggu. “Beberapa rumah mengalami rusak kecil namun tidak ada korban jiwa,” ujarnya.



Bersama dengan anggota Satgana lainnya dirinya langsung turun ke lokasi untuk mengevakusi pohon yang tumbang serta melakukan identifikasi kebencanaan,. Dia melihat bahwa saat ini memang angin cukup kencang setiap harinya sehingga rawan akan potensi angin puting beliusng tersebut. Hal yang sama disampaikan oleh anggota Satgana PMI Kecamatan Randublatung Joko Parto yang menginformasikan bahwa di Randublatung juga ada angin kencang namun tidak sampai menumbangkan pohon. “Masyarakat harus mulai waspada, seiring dengan sudah mulai turun hujan dan disertai angin,” tandas Agung Tri.
Sementara itu Ketua PMI Kabupaten Blora Umi Kulsum menghimbau agar relawan PMI yang ada di masing-masing kecamatan untuk siaga, sebab Blora saat musim penghujan memang rawan akan bencana angin putting beliung, khususnya di daerah Blora selatan, sehingga kewaspadaan harus selalu ditingkatkan. “Selalu waspada baik masyarakat dan anggota PMI, jika ada kejadian harus segera dilaporkan secepatnya apapaun bentuknya,” katanya.
Di Blora memang saat ini hujan sudah mulai turun di beberapa kecamatan, meskipun intensitasnya belum tinggi, dan selalu disertai dengan angin kencang, dimana ditahun lalu hujan yang disertai dengan angin kencang itulah yang banyak menimbulkan bencana dengan adanya sejumlah rumah warga yang roboh. (Sugie Rusyono/PMI Blora)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kritik dan Saran anda.

 

Facebook PMI Blora

Daftar Tamu